Jumat, 02 Maret 2012

Ciri, Fungsi, dan Tujuan Pembelajaran Matematika

Ciri, Fungsi, dan Tujuan Pembelajaran Matematika
Mempelajari matematika berbeda dengan mempelajari ilmu - ilmu lainnya karena setiap ilmu pengetahuan baik ilmu pengetahuan alam maupun ilmu sosial, bahasa, dan ilmu agama memiliki ciri masing – masing, hal inilah yang membuat pembelajarannya pun tidak sama.
Matematika memiliki bahasan yang berkesinambungan antara satu bahasan dengan bahasan lainnya sehingga untuk memahami suatu pokok bahasan tertentu terkadang dibutuhkan pemahaman yang tentang pokok bahasan yang sebelumnya.
Adapun ciri – ciri yang lainnya adalah :
·         Memiliki aksioma, definis, lemma, teorema, dan melibatkan operasi bilangan.
·         Keberanannya terjaga konsistensinya.
·         Konsep bahasan berjenjang dari hal yang sederhana menuju hal yang lebih kompleks.
·         Membutuhkan penalaran logis.
·         Menekankan pola pikir deduktif, namun dalam proses pembelajaran dan pemahaman terkadang diawali dengan fakta-fakta atau contoh-contoh yang ada dilapangan yang kemudian dibuat kesimpulan matematisnya, induktif-deduktif.
·         Dalam bebrapa pokok bahasan dalam diapplikasikan ke dalam bidang keilmuan lain dan kehidupan sehari-hari.
Matematika berfungsi sebagai alat untuk menerjemahkan peristiwa/kejadian kedalam bahasa matematika yang berupa persamaan matematika, diagram, grafik, atau tabel sehingga ini juga dapat mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan atau ide dalam model matematika. Selain itu, berfungsi juga untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, dan mengaplikasikan rumus matematika dalam bidang keilmuan lain dan kehidupan sehari-hari.
Sedangkan tujuan pembelajaran matematika sendiri adalah sebagai berikut :
·         Mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan antara lain melalui pembicaraan lisan, grafik, peta, diagram, dalam menjelaskan gagasan.
·         Melatih dan mengembangkan kemampuan ‘problem solving’, kemampuan menyelesaikan masalah.
·         Melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan.
·         Mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan serta mencoba-coba.
Disadur dari http://www.scribd.com/doc/49860484/9/Pengertian-Matematika 

1 komentar:

  1. The Art Of The Iron Wire - Titanium Art
    From ford edge titanium 2021 the titanium wedding band Iron titan metal Wire to the T-shirt Factory titanium nipple bars at T-Mobile, we want to capture the best of what a titanium trim walmart maker has to offer. With a focus on quality, the $25.00 · ‎In stock

    BalasHapus