Sabtu, 03 Maret 2012

Mensiasati Belajar Matematika

Mensiasati Belajar Matematika
Matematika memiliki cakupan yang luas tidak hanya berkorelasi dengan bilangan, namun lebih luas dari itu matematika berhubungan dengan alam semesta. Charles Edward Jeanneret, seorang ahli matematika pernah mengatakan, “Mathematics is the majestic structure by man to grant him comprehension of the universe”. The Liang Gie, filsafat matematika (Yogyakarta : Pusat Belajar Ilmu Berguna, 1999). Yang artinya Matematika adalah suatu struktur besar yang dibangun oleh manusia untuk memberikan pemahaman mengenai jagat raya.
Kemampuan untuk memahami dan membaca simbol, tabel, dan diagram yang sering digunakan dalam matematika serta kemampuan menerjemahkan soal atau masalah dalam bentuk nyata kedalam bahasa matematika diperlukan dalam mempelajari matematika. 

Ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk mempelajari matematika, diantaranya :
·         Membuat catatan ringkas mengenai definisi, aksioma, dan teorema yang ada didalam pokok bahasan.
Hal ini bermanfaat untuk memahami materi dari pokok bahasan tersebut secara keseluruhan dan untuk mempermudah memahami pokok bahasan selanjutnya yang masih ada keterkaitannya.
·         Banyak berlatih mengerjakan soal-soal mulai dari soal yang sederhana sampai yang lebih kompleks.
Kesalahan seseorang dalam menjawab soal matematika bisa jadi disebabkan bukan karena pemahaman materi, melainkan kesalahan menghitung atau karena tidak terbiasa mengerjakan soal. Hal ini dapat membantu dalam mengingat materi, melatih kemampuan berhitung, membiasakan diri dengan tipe soal, dan melatih ketelitian dalam penulisan jawaban.
·         Membiasakan diri mengerjakan soal tanpa alat bantu hitung, seperti kalkulator. Alat bantu tersebut digunakan hanya untuk soal-soal yang memang memerlukan alat bantu.
·         Mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks dan mulai dari yang nyata sampai yang abstrak (berjenjang).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar