Jumat, 02 Maret 2012

Mengenal Definisi Matematika

Mengenal Definisi Matematika
Ada peribahasa yang mengatakan “ kalau tak kenal maka tak sayang”, ada juga yang bilang “ kalau tak kenal maka kenalan”. Mungkin itulah hal yang dapat menggambarkan tentang apa yang harus kita lakukan untuk mengubah pandangan kita terhadap matematika. Sering terdengar sebagian orang menganggap matematika sebagai sesuatu yang ‘menakutkan’, sulit, dan lain sebagainya. Bahkan seperti sudah terprogram dalam otak ketika mendengar kata ‘matematika’ atau melihat sesuatu yang `berbau’ matematika otak sudah merespon secara refleks dengan kata ‘sulit, susah, dan sebagainya’. Sehingga menyebabkan orang menjadi enggan untuk mempelajari matematika, berhenti dan membatasi diri sebelum mencoba lebih jauh.

Anggapan-anggapan tersebut bisa jadi muncul karena orang tersebut belum mengenal dan memahami matematikanya itu sendiri. Mungkin memang pada faktanya matematika itu ‘menakutkan, susah, sulit, dan semacamnya’ karena satu dan lain hal. Artikel ini ditulis  setidaknya untuk mengubah pandangan bahwa matematika ‘sulit, susah, menakutkan, dan lain sebagainya’ sebelum orang tersebut mencoba mempelajari dan memahaminya.
Dalam kamus besar bahasa Indonesia, Matematika memiliki arti ilmu tentang bilangan, hubungan antara bilangan, dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan. Dari Wikipedia, Matematika berasal dari bahasa Yunani ‘mathematika’ yang berarti studi tentang besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Kebenaran hubungan konjektur – konjektur baru dari berbagai pola yang ada dalam matematika dibuktikan atau dibangun dengan pembuktian – pembuktian matematis melalu aksioma – aksioma dan definisi – definisi matematika yang bersesuaian.
Dalam bahasa Belanda matematika dikenal dengan istilah ‘wiskunde’ atau ilmu pasti, yang kesemuanya berkaitan dengan penalaran. Sedangkan dalam bahasa latin matematika berasal dari kata ‘manthanein’ atau ‘mathema’ yang berarti belajar atau hal yang dipelajari. Menurut Roy Hollands ”matematika adalah suatu sistem yang rumit tetapi tersusun sangat baik yang mempunyai banyak cabang (Roy Hollands. Kamus Matematika, Erlangga : Jakarta, 1995). Oleh karena itu, mempelajari matematika berbeda dengan mempelajari ilmu - ilmu lainnya, seperti bahasa, ekonomi, bahkan berbeda dengan ilmu – ilmu pengetahuan alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar